Sunday 17 November 2013

IE11: Arti Dari Sebuah Evolusi

 
When I was younger, I used to be a clumsy, slow and awkward girl.

However, just like the story of ugly duckling, people told me that I have really matured and changed over the years. I feel confident in my abilities now, and I'm eager to show you what I can do.
 
Yap, itulah sepatah dua patah kata dari Inori Aizawa, maskot baru dari Internet Explorer yang baru saja diperkenalkan seminggu yang lalu di AFASG 2013. Yap, inilah strategi baru dari Microsoft untuk kembali merebut singgasana peramban maya yang telah diraup oleh Firefox dan Chrome, dan terbukti strategi ini cukup berhasil. Banyak otaku (sebutan untuk anime lovers) yang berpaling kembali ke Internet Explorer, entah karena performanya yang digadang2 lebih cepat dari versi terdahulu, atau hanya ingin menikmati Inori semata.
 
Yang jelas, mari kita tilik satu persatu fitur barunya!
 
1. Optimal Untuk Layar Sentuh
Microsoft nampaknya lebih menitikberatkan peningkatan fitur IE di penggunaan layar sentuh, yaitu pada tablet PC berbasis Windows 8. Salah satunya adalah contoh melakukan drag-and-drop ala sentuh.
 
2. Teplok di Start Screen (Windows 8.1 only)
Bookmark sudah dianggap Microsoft sebagai hal yang basi. Sebagai gantinya, Microsoft mempersenjatai Inori, eh IE, dengan fitur Pinned Sites, jadi kamu bisa menandai website kamu tanpa harus membuka IE terlebih dahulu, entah di Start Menu atau Taskbar. Sekarang, fitur yang telah dihadirkan sejak IE9 itu mengalami pembaruan. Anda dapat melihat pembaruan secara langsung dari website yang anda pin itu.

3. Fitur Khusus Untuk Otaku
Maskot sudah, fitur tambahan juga gak boleh kalah dong! Cukup setel homepage anda ke www.internetexplorertan.com/home, dan anda akan menemui tampilan seperti diatas. Anda dapat memilih satu diantara 4 background Inori yang tersedia. Di bagian bawah, terdapat beberapa berita khusus tentang anime, yang tentunya sangat membantu, siapa tahu ada anime baru yang mungkin anda tertarik untuk menontonnya. Anda juga dapat langsung melakukan pencarian di Bing, Google, Youtube, Wikipedia, dan yang paling ajib, MyAnimeList dan Katsu News. Lagi2, dua terakhir yang disebut memang dikhusukan untuk para otaku.

Lain ceritanya jika anda membuka website diatas dari browser lain ataupun IE versi terdahulu. Yang keluar hanyalah Inori yang sedang menangis, memberitahu anda untuk segera mengganti peramban anda ke IE11. Anehnya, fitur pencarian cepat dan Top News tetap berfungsi.
Cup cup... Jangan mewek ya... Entar saya upgrade kok... :D
4. Lebih gesit, buka Youtube malah ngehang
Kata orang, IE11 diklaim lebih cepat dari versi sebelumnya. (dalam hal ini versi 9 dan kebawah) Benarkah apa kata mereka? Mari kita coba!

Sepertinya cara ini tidak manjur lagi untuk menguji sebuah browser...
Pertama2 saya akan melakukan Pressure Test, dimana saya akan membuka tab sebanyak mungkin dan melihat di tab berapakah dia mulai ngehang. Setelah dilakukan Pressure Test dengan membuka beberapa tab, mulai dari Facebook, Kaskus, 1CAK dan beberapa website "berat" lainnya, IE11 sanggup bertahan hingga 42 tab, dimana mulai terjadi lag di tab ke-43. Penutupan tab juga sempat mengalami lag di 30 tab pertama.

Satu lagi yang membuat IE11 mendapatkan noktah hitam, saya mendapati bahwa website Youtube menjadi hang, meskipun hanya dibuka seorang diri (tanpa tab lain terbuka) dan sudah direfresh berkali-kali, hal yang sama tetap terjadi. Untungnya, hal itu tidak merambah ke tab lainnya, sehingga anda dapat menutup tab itu dan semuanya kembali normal.

Tak ketinggalan kami juga melakukan pengujian klasik, yakni Acid3. IE11 berhasil menoreh nilai sempurna pada tes ini. Nyatanya, hampir semua web browser versi baru juga menoreh nilai yang sama, maka cara ini pun sepertinya tak manjur lagi. Pengujian lanjut akan saya bahas di post berikutnya.

Terlepas dari beberapa catatan buruk yang ada, kami mendapati bahwa IE11 sudah jauh lebih baik dari versi sebelumnya. Microsoft telah menyadari banyaknya cacian dari mantan penggunanya yang sudah beralih ke Firefox ataupun Chrome, dan dengan bantuan Inori pula, saya berharap pangsa IE meningkat lagi, meskipun tak berjaya seperti dahulu...


IE11 ternyata sanggup bertahan hingga 43 tab sodara-sodara...
 
Youtube is not responding?! WTF.
BONUS!!!
Tertarik untuk menjadikan Inori sebagai wallpaper komputer anda? Nah, disini saya menyediakan 4 gambar yang diambil dari homepage Inori, yang sebenarnya tidak dapat diunduh dengan cara biasa. Wallpaper ini beresolusi 1920 X 1080 (Full HD), cukup jernih untuk menghiasi layar komputer anda.
 
 
Follow www.twitter.com/wataroe dan subscribe www.youtube.com/tripleppadmg :)

Wataroe's Tech Corner