Sunday 3 November 2013

Yang bikin Kitkat Memikat

Google baru saja merilis versi terbaru dari sistem operasinya, yakni Android 4.4 Kitkat. Tak biasanya Google menamai produk OSnya dengan nama berlisensi. Kabarnya, juga versi ini akan lebih "ramah resource" sehingga ponsel Android murah pun bisa turut mencicipinya. Seperti apa ya kira2? Yuk kita lihat bersama2!

Catatan: Versi yang dibahas disini adalah Android 4.4 yang pure alias belum dimodifikasi oleh produsen handset, jadi mungkin saja update resmi dari produsen berbeda dengan yang satu ini.


1. Bersih dan Menerawang
Momen tahunan ini tak disia2kan Google untuk melakukan perombakan pada tampilan. Bisa dibilang model perubahan yang disajikan lebih meniru apa yang dilakukan oleh Samsung terhadap Touchwiznya, yakni status bar yang transparan. Weits ternyata gak cuman itu gan. Perubahannya bisa terlihat disini:

1. Status bar yang biasa berwarna hitam kini menjadi transparan dengan ikon berwarna putih. Bagian atas digelapkan sedikit agar ikon notifikasi tetap terlihat.
2. Folder stack kini menjadi transparan, dulunya berwarna hitam.
3. Garis pembatas antara Dock dengan Home yang telah ada sejak versi 4.0 kini telah kandas, digantikan dengan titik bulat.
4. Ikon kamera kini menjadi lebih cerah dan modern.
5. Ring bulat pada ikon Apps berubah menjadi lingkaran transparan. Keenam kotak dalam ikon Apps turut berubah menjadi lingkaran.
6. Ikon Phone menjadi lebih datar.
7. Softkey Back, Home dan Menu yang sebelumnya dibingkai dengan bar hitam kini tak ada lagi, menyerupai softkey pada LG G2.

2. Secara Tak Langsung Andil Menggiring BBM
Seperti yang telah diumumkan, Android 4.4 Kitkat dikabarkan dapat dijalankan bahkan pada handset dengan memori 512 MB sekalipun. Ini artinya, pengguna yang ingin menikmati BBM namun tak bisa karena ponsel yang digunakan mentok di Gingerbread, bisa upgrade ke Kitkat, yang berarti secara tak langsung Android 4.4 Kitkat turut andil menggiring BBM lebih jauh lagi. Asikkkkk....

Weits, tunggu dulu gan. Semua itu masih tergantung pada kebijakan masing2 produsen handset. Jadi kemungkinan besar anda harus "menikung" sedikit untuk meminang Kitkat ke ponsel kesayangan anda (karena menurut kabar Samsung Galaxy Nexus tidak akan mendapatkan upgrade resmi ke Kitkat). Kita tunggu saja hasil kerja keras para opreker XDA atau Cyanogenmod, atau mungkin anda yang turut membantu mereka? 

3. Sepatah Kalimat Kendalikan Semuanya
Jika di cerita rakyat kita mengenal "Open Sesame", di dunia modern kata itu telah berubah menjadi "Ok Google". Kenapa bisa saya bilang begitu? Karena dengan kalimat ajaib ini, anda bisa melakukan panggilan, mencari sesuatu, bahkan mencari arah tanpa menyentuh layar ponsel. Seru kan?

4. Dengan Siapa Dimana?
Kalimat diatas mungkin akan jarang terucap lagi bila fitur ini telah menjadi andalan. Berjargon Caller ID, fitur ini mendeteksi sebuah nomor panggilan masuk yang belum termasuk dalam kontak, seperti tempat perusahaan mana dia bekerja. Wedeh...

5. Satu Untuk SMS dan Chatting
Aplikasi Hangouts yang merupakan evolusi dari Google Talk, kini mengalami peningkatan. Aplikasi chatting yang sudah malang melintang di OS seberang (baca: iOS) dan Chrome ini sudah disematkan fitur SMS, jadi anda tidak perlu lagi membuka app terpisah untuk SMS dan chatting. Semua dalam satu aplikasi, praktis gan!

6. Cetak Langsung dari Ponsel
Punya printer yang telah mendukung Google Cloud Print? Selamat! Anda dapat mencetak langsung dari ponsel Android Kitkat anda! Cukup lakukan beberapa setting sederhana dan anda tak perlu susah payah menyalakan komputer lagi...


7. Unduhan pun Lebih Rapi
Masih ingat bocoran tampilan Android Kitkat yang sudah heboh berbulan2 yang lalu? Sujud syukurlah, karena beberapa yang dirumorkan tsb menjadi kenyataan, seperti halnya tampulan Downloads ini. Meskipun belum tampak wujud sebenarnya, namun hal ini sudah dikonfirmasi oleh Google di website resminya. 

Dari bocoran yang ada berbulan2 sebelumnya, unduhan dapat dikelompokkan dalam bentuk Grid atau List, persis seperti apa yang Google umumkan. Background yang dulunya hitam kini berubah menjadi putih.

8. Ganti Launcher Tak Ribet Lagi
Kabar gembira untuk anda yang tidak puas dengan tampilan standar Android anda dan suka menginstal launcher dari Play Store, entah itu Go Launcher, Nova, Solo, Apex, Holo, dsb. Sekarang menu untuk mengganti launcher telah tersedia di Settings > Home, jadi anda tidak perlu bersusah payah menyetelnya di launcher masing2, dan ini memang fitur yang saya (dan yang user lain) harapkan...

9. Inframerah pun Berguna Lagi
Anda tentu masih ingat dengan ponsel jaman dahulu yang dilengkapi fitur inframerah untuk transfer file. Setelah adanya Bluetooth yang terbukti lebih baik (karena gausah sampe nempelin hape segala), inframerah pun lambat laun ditinggalkan. Terus buat apa dong smartphone zaman sekarang yang ada fitur inframerah-nya? Oho, ternyata bukan buat transfer file lagi gan, tapi buat kegunaan lain yang mungkin akan sangat berguna, yaitu menggantikan peran remote control TV dan alat2 lainnya. Mantab!

10. Satu lagi Alasan untuk Membuang Player Pihak Ketiga
Dengan layar smartphone yang kian lama kian besar, mungkin sebagian dari anda bahkan memfungsikannya sebagai pengganti komputer atau televisi dalam hal menonton film, atau bahkan anime. Bila dahulu subtitile harus nempel dengan film agar bisa dinikmati, sekarang anda dapat menampilkannya secara terpisah, bahkan dengan pilihan bahasa seperti saat nonton DVD. Jika anda telah menginstal media player pihak ketiga macam MX Player atau VLC Media Player, buanglah. Kalau player bawaan udah bisa, why not?

Udah dulu kali ye bahas soal fitur baru yang ada di Android 4.4 Kitkat. Tunggu saatnya dan cobalah sendiri! :D



Follow www.twitter.com/wataroe dan subscribe www.youtube.com/tripleppadmg :)

Wataroe's Tech Corner