Saturday 9 November 2013

Personalisasi Android: Status Bar Transparan

SEBELUM
Coba anda lihat smartphone terbaru macam Samsung Galaxy S4, HTC One, Sony Xperia Z1, LG G2 ataupun LG Google Nexus 5. Lihat status barnya, transparan bukan? Yp, inilah yang menjadi tren terbaru dalam OS Android, dimana produsen handset berlomba2 untuk menyematkan UInya dengan status bar yang transparan.

Kembali ke Google sendiri, Google terbilang telat mengikuti tren yang ada. Status bar transparan baru disematkan di Android 4.4 Kitkat, disaat berbagai launcher sudah menyediakan pilihan untuk membuat status bar menjadi transparan, sebut saja Nova dan Apex (yang sayangnya membutuhkan akses root untuk sebagian handset). Nah, khusus untuk Google Home ini, status bar transparan sepertinya belum didukung. Jadi, anda terpaksa harus menikmati status bar hitam diatas layar anda, yang menurut sebagian orang sangat menggangu.

Weits, jangan buru2 uninstal dulu gan, sebenarnya status baru hitam "menggangu" itu masih bisa dibikin transparan, meskipun kita harus melewati cara klasik yang sepertinya agak ribet. Let's go!

1. Kuasai Handsetmu Sebelum Beraksi
Perlu diketahui, tutorial ini MEMBUTUHKAN DEVICE YANG TELAH DIROOT. Jika anda tertarik mengikuti artikel ini tapi belum melakukan root pada handset anda, anda bisa melakukan root sesuai dengan tipe handset anda. Ingat! Kesalahan dalam rooting dapat menyebabkan bootloop, atau bahkan lebih parah lagi, brick. Jadi pastikan anda telah melakukannya dengan seksama.

2. Siapkan Perkakas Perang
Akses root sudah dapat, sekarang tinggal unduh file yang dibutuhkan. Unduh Xposed Installer dan Xposed Tweakbox terlebih dahulu. Tenang aja, filenya kecil kok.

Catatan: Xposed Tweakbox hanya dapat bekerja pada Stock AOSP ROM dan Stock Touchwiz ROM (mendukung smartphone Google Nexus dan Samsung Galaxy). Custom ROM Cyanogenmod mungkin tak didukung. Telah dites dan bekerja dengan baik pada Samsung Galaxy S4 GT-i9500 dengan OS Android 4.3 Jelly Bean.

Kalo sudah, buka Xposed Installer dan klik Framework. Pilih Install/Update dan tunggu sampi selesai, lalu klik Reboot. Selanjutnya, buka Modules dan jangan lupa centang pada pilihan Xposed Tweakbox

3. Bagian Serunya Gan!
Nah, ini mungkin bagian yang ditunggu2. Langsung aja buka Tweakbox, lalu pilih Statusbar. Kemudian, centang pada pilihan Background Color dan klik kotak di sebelahnya sampai muncul jendela berikut.

Di bagian Color Picker, setel warna ke hitam dan setel alpha sesuai dengan gambar berikut. Pilih kotak yang berada di sebelah kanan untuk menyimpan perubahan.

Patut dicatat, beberapa isu mungkin terjadi pada perubahan ini, terutama dalam peralihan fungsi tombol Home (pada smartphone Samsung). Menahan tombol Home yang seharusnya membuka Recent Apps, berubah menjadi Google Search. Bagi sebagian besar orang, mungkin hal ini sangat menggangu.

Kembali ke menu utama Tweakbox, lalu pilih Miscellaneous. Pilih Long HOME Key Behaviour, lalu pilih Show classical recent apps list (icons only). Restart dan rasakan perubahannya.



4. Hasil Akhir
SESUDAH
Sekian tutorial untuk hari ini, dan terima kasih... :D

Follow www.twitter.com/wataroe dan subscribe www.youtube.com/tripleppadmg...

Wataroe's Tech Corner




3 comments

saat update framework.. keluar tulisan [-] exec: no such file or directory..
kenapa ya gan.. please...

Balas

wkwkwkw... ora di gople... blok capa ne mas

Balas