Friday 25 April 2014

Review Samsung Galaxy S5 (3): Kamera dan Fitur

Kembali membahas Galaxy S5, kali ini kita akan membahas kamera di S5 beserta fitur2 tambahan lainnya.

Belum baca bagian kedua? Baca disini.

PERHATIAN: Post ini tidak bermaksud untuk pamer. Post ini hanya memberikan informasi tentang flagship Samsung terbaru. Semoga anda menyukainya. :)

6. Kamera
Kamera S5 mengalami peningkatan signifikan dibanding S4, kini menjadi 16 MP alih2 13 MP seperti pada S4 dan Note 3. Enaknya lagi, kamera S5 kini dilengkapi dengan sensor ISOCELL, membuat gambar menjadi lebih jernih dan otofokus lebih cepat, suatu hal yang tak dimiliki Z2 sekalipun.

Menu aplikasi kamera bawaan S5 kini mengalami sedikit perubahan. Ikon yang ada menjadi lebih flat dan lebih kecil sehingga dapat menerawang lebih ke foto. Perlu diketahui lagi, hasil foto dengan resolusi maksimal menghasilkan gambar dengan aspek rasio 16:9 yakni 5312X2988. Agak janggal memang, karena kebanyakan hasil kamera foto saat ini masih berasio 4:3.

Sekarang kita mencoba efek kamera di S5. Beberapa efek baru ditambahkan untuk meningkatkan hasil foto. Ada Virtual Tour, memungkinkan kita untuk menyimulasikan seakan kita sedang berjalan dalam sebuah ruangan. Ada Shot & more, berfungsi untuk mengedit foto sesaat setelah jadi. Beberapa fitur kamera S4 juga nampak disini, seperti Drama, Best Photo, dll. Saat dicari2, kemana beberapa fitur kamera bawaan S4, seperti Animated Photos, Sound & shot, Sports dll? Ternyata, kami melihat sebuah menu Download, yang ketika dibuka akan menampilkan beberapa efek foto yang bisa diunduh. Hal ini tentu dapat meringankan memori internal ponsel, mengingat fitur tsb tidak terlalu diperlukan bagi kebanyakan pengguna.



Seperti yang kita lihat pada gambar di atas, hasil foto indoor tampaknya menunjukkan hasil yang cemerlang, meskipun tak bisa dibilang sempurna juga. Gambar pun tampak jelas pada percobaan kali ini.



Kita mencoba foto outdoor. Foto tampak jelas dan jernih. Jika cahaya terlalu terang, anda dapat mengaktifkan fitur HDR yang sudah tersedia secara default di aplikasi kamera S5.

7. Feature Focus: Fingerprint Scanner
Satu hal yang hanya dapat disaingi dengan iPhone 5S dan HTC One Max, apalagi kalo bukan fingerprint scanner! Seperti namanya, fitur ini dapat menambah keamanan ponsel kesayangan anda, terutama dari orang (awam) yang tidak bertanggung jawab.

Mirip dengan iPhone S5, sensor sidik jari S5 terletak di tombol Home. Bedanya, anda harus menyapu jari dari layar ke tombol home untuk membuka kunci layar, mungkin dikarenakan tombol Home yang sempit, berbeda dengan iPhone 5S. Membuka dengan cara ini mungkin dirasa sebagian orang sulit, terlebih untuk membukanya harus dilakukan dengan posisi yang benar. Miring sikit pun tak bisa, apalagi sampai jari diposisikan 90 derajat. Di iPhone 5S, anda cukup menempelkan jari anda ke tombol Home, bahkan hal itu dapat dilakukan dalam posisi 90 derajat.

Jika anda salah memasukkan fingerprint sebanyak 5 kali, anda akan disodorkan untuk mengisi password yang harus diisi saat mendaftar fingerprint, berbeda dengan 5S yang menggunakan PIN 4 angka. Enaknya lagi, anda dapat menggunakan fingerprint bahkan saat ponsel dihidupkan/setelah restart. Di 5S anda harus menggunakan PIN, tak bisa fingerprint.

Tak ada gading yang tak retak, begitu juga fitur fingerprint pada S5. Coba salah masukkan fingerprint sebanyak 5 kali, lalu anda diwajibkan mengisi password. Coba saja tekan tombol Back atau Power selama dua kali. Dan anda diperbolehkan menggunakan fingerprint lagi! Tapi saya yakin ini hanya masalah software saja, semoga saja diperbaiki di update selanjutnya.

Betewe, karena screenshot diatas merupakan lock screen S5, mending sekalian bahas aja yuk. Sekarang, lockscreen S5 juga menampilkan musik yang sedang dimainkan (beserta cover jika ada) dan shortcut cepat untuk menjepret foto, mirip apa yang ditawarkan di Kitkat AOSP. Jika lock method yang diterapkan adalah Swipe, akan disodorkan efek baru pula, yakni Bubbles.

8. Feature Focus: Heart Rate Sensor
S5 melengkapi dirinya dengan sejumlah fitur2 yang berguna sekaligus dapat menunjang kesehatan penggunanya, salah satunya adalah sensor detak jantung yang PERTAMA KALINYA dibenamkan di smartphone. Letak sensor ini berada di bawah kamera belakang, berdampingan dengan lampu flash. Cukup masuk ke aplikasi S Health bagian Heart Rate, lalu tempelkan jari anda di sensor. Tunggu beberapa saat dan hasilnya akan keluar.

Jika anda memiliki aksesoris pelengkap seperti Gear 2, Gear 2 Neo atau Gear Fit, anda dapat memasangkannya dengan S5 kesayangan anda. Secara otomatis, data2 berupa pedometer, olahraga, makanan dan detak jantung pun dapat disinkronkan pula.


9. Sertifikat IP67, tahan air dan debu
Munculnya Sony Xperia Z dengan fitur tahan airnya seolah menjadi trendsetter baru dalam smartphone, dan Samsung pun mulai menerapkan pada produk kelas atasnya, salah satunya adalah S5.

Jika Xperia Z2 memiliki sertifikasi IP58, S5 memiliki sertifikasi IP67, yaitu tahan air dan debu, tapi bukan anti air. Jadi jangan berharap anda dapat mengajaknya sambil main air. Jadi jika S5 anda masuk ke dalam air, harus cepat2 'diselamatkan' dan dikeringkan. Samsung sengaja tak membuatnya anti air berdasarkan riset pasar yang tak begitu memerlukan fitur anti air.

Meskipun begitu, sertifikat IP67 yang disandingnya agaknya menolong juga. Katakanlah S5 kesayangan anda terkena kotoran atau bahkan partikel debu, anda dapat membilasnya secara langsung di air mengalir, karena komponen dalam dilindungi dengan karet yang ada di casing belakang, juga penutup yang melindungi port micro USB 3.0 dari basah. Jadi pastikan juga anda menutup casing belakang dan port dengan rapat ya.. ^.^

Mungkin masih banyak fitur gres S5 yang dapat dibahas, tapi kita hanya membahas tiga saja yang dianggap menarik. Di akhir tetralogi ini, kita akan membahas kesimpulan dari post ini dan kedua post sebelumnya, serta harga atau alasan layaknya tidak anda upgrade ke S5. Stay tuned! :D