Sunday 27 April 2014

Review Samsung Galaxy S4 (4): Kesimpulan



Pada post sebelumnya kita sudah membahas tentang fitur terbaru yang ada di Galaxy S5. Hari ini saya akan membahas tentang sejumlah keunggulan dan kelemahan S5, harga, dan lawan sepadan S5.

Jika belum membaca silakan baca disini.


PERHATIAN: Post ini tidak bermaksud untuk pamer. Post ini hanya memberikan informasi tentang flagship Samsung terbaru. Semoga anda menyukainya. :)

10. Harga
S5 pertama kali diumumkan pada perhelatan Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol pada Februari silam. Dua bulan kemudian, S5 baru mulai menapakkan kaki ke Indonesia, tepatnya pada tanggal 11 April lalu. Harga yang pertama ditawarkan adalah Rp 8.500.000,- alias 1 juta lebih mahal dari harga perdana S4. Uniknya, penjualan perdana S5 malah lebih laris dari S4.

Jika ada ingin beli sekarang, tak masalah. Tapi jika merasa terlalu mahal, anda dapat menunggu beberapa bulan atau menunggu barang second tersedia.

11. Keunggulan
Tentu ada alasan kenapa S5 lebih laris dari S4, ya karena keunggulan yang ditawarkan. Bayangkan saja, anda dapat menggengam layar beresolusi sama seperti TV di rumah anda. Ditambah lagi dengan fitur sidik jari yang memberikan keamanan lebih, juga sensor detak jantung yang belum pernah ada di ponsel lain, ditambah dengan OS Android teranyar dan desain OS ciamik khas Samsung. Bagian casing belakang dan baterai yang dapat dibuka juga menjadi nilai plus yang tak lagi dimiliki rival sekelasnya, karena anda dapat dengan mudahnya mengganti baterai dan casing. Fitur tahan air dan debu juga patut dilirik, terutama buat anda2 yang suka berpetualang.

12. Kelemahan
Ada kelemahan yang masih sangat disayangkan oleh penggemar Samsung, terutama karena penggunaan material plastik pada ponsel flagshipnya. Padahal jika menilik ke seberang, HTC dengan M8-nya sudah menggunakan 90% aluminium, sedangkan Sony dengan Z2-nya menyematkan tempered glass alias kaca anti pecah. Meskipun begitu, Samsung telah berhasil 'menyamarkan' kesan plastik itu lewat back cover yang berbintil nan warna-warni.

Kelemahan lain adalah resolusi layar yang masih sama dengan pendahulunya, S4. Sempat dirumorkan akan menggunakan layar QHD (2560X1440), namun akhirnya tak terbukti. S5 tetap menggunakan layar Full HD.

Hal lain lagi adalah fitur tahan air yang terkesan 'nanggung'. Tak seperti rivalnya Z2, S5 tak tahan berlama2 dalam air. Pas masuk air harus segera diangkat lalu dikeringkan, berbeda dengan Z2 yang bisa berlama2 di air.

13. Lawan Sepadan
Teknologi tak seru kalo tak ada lawan, setuju gak? Disini saya akan membahas beberapa ponsel tandingan S5 yang tak kalah mumpuni, bahkan lebih mumpuni dari S5.

A. Sony Xperia Z2
Z2 juga diluncurkan barengan dengan S5, dan juga di perhelatan yang sama. Secara spesifikasi, Z2 jauh melenggang dengan RAM 3 GB (vs 2 GB di S5), baterai 3200 mAh (vs 2800 mAh di S5) dan kamera 20,7 MP (vs 16 MP di S5). Sama2 memiliki sertifikat IP, namun Z2 memiliki sertifikasi IP58 dan bukan IP67 seperti S5. Secara ketahanan debu S5 memang lebih tahan, tapi kalo soal air Z2-lah juaranya. Tersedia dalam tiga warna, yakni hitam, putih dan ungu, dan juga dijual dengan harga yang sama seperti S5. 

B. HTC One M8
Tak mau kalah, HTC asal Taiwan juga ikut melenggang dengan HTC One M8. Kelebihan yang paling mencolok dibandingkan S5 adalah penggunan material aluminium, membuatnya lebih tangguh sekaligus berkelas. Meskipun masih kalah dengan S5 soal baterai (2600 mAh vs 2800 mAh) dan kamera (4 MP vs 16 MP), HTC telah melengkapinya dengan fitur Ultrapixel yang menjamin hasil jepretan tetap ajib meskipun hanya dengan resolusi 4 MP, juga kamera kedua diatas kamera utama yang berfungsi untuk fokus tambahan. Bagi anda yang suka selfie, berbahagialah, karena kamera depan sudah beresolusi 5 MP (vs 2,1 MP di S5), cocok untuk diunggah ke Facebook maupun Instagram.

C. Oppo Find 7
Ponsel dari Negeri Tirai Bambu, Oppo juga tak mau kalah. Meskipun Oppo asli desain dan buatan Tiongkok, kualitas dan harganya tidak Tiongkok, meskipun harganya jauh miring dari dua produk diatas. Find 7 dilengkapi dengan sejumlah keunggulan yang tak dimiliki S5, Z2 maupun M8, yakni layar resolusi 2K alias 2560X1440. Beberapa keunggulan lainnya yakni jumlah RAM yang mencapai 3 GB (vs 2 GB di S5) baterai 3000 mAh (2800 mAh di S5). Harganya pun jauh miring dari pesaingnya, yakni 6,9 juta. Asik kan?

Dengan ini, selesai sudah review tentang Samsung Galaxy S5. Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa ditanyakan disini. Terima kasih sudah mengikuti tetralogi kami. :D