Saturday 9 November 2013

Personalisasi Android: Android 4.4 Kitkat

Melihat judul diatas, jangan langsung kepikiran: "Widih cepet bener Android 4.4 udah bisa donlot sekarang." Tutorial ini TIDAK AKAN MERUBAH VERSI ANDROID ANDA, dan TIDAK PERLU ROOT

Menilik sedikit tentang tampilan Android 4.4 Kitkat, sebagian orang merasakan perubahan tampilan yang lebih bersih dan menerawang dibandingkan versi terdahulu. Hebatnya lagi, Google ternyata tak pelit. Meskipun tidak melalui Play Store, kita dapat mendapatkan launcher ala Google, lengkap dengan Fitur 'Ok Google'nya. Tertarik? Let's Go!

Pertama2, download file yang dibutuhkan DISINI. Semua file yang dibutuhkan untuk tutorial ini sudah dipak sedemikian rupa dalam bentuk zip. Selanjutnya, silakan ekstrak dan kopi ke smartphone yang akan anda personalisasi. Kalau mau cepat, bisa langsung ekstrak di smartphone anda dengan aplikasi macam B1 Free Archiver.

Oiya, karena tutorial ini berkutat dengan penginstalan file apk dari luar Play Store, maka pastikan anda telah mengaktifkan pilihan Unknown Sources di Settings anda. (caranya bervariasi tergantung merek handset yang digunakan)

1. Pasang Launcher Dulu
Di file yang baru saja anda ekstrak, anda akan menemukan file bernama GoogleHome.apk. Perlu diketahui, Google Home adalah launcher yang berdiri sendiri, sehingga anda tidak membutuhkan aplikasi macam Go Launcher, Nova, Solo maupun Apex. 

Weits, jangan instal dulu gan. Jika anda langsung menginstalnya, anda akan mendapatkan pesan bahwa Google Search belum diupdate. Maka itu anda membutuhkan file lain, yang untungnya juga sudah disediakan dalam file ini.

Lihat file bernama PrebuiltGmsCore.apk dan Velvet.apk? Yap, kedua file itu adalah file penunjang Google Home, yang sebenarnya adalah update dari Google Play Service dan Google Search. Urutannya, instal PrebuiltGmsCore.apk terlebih dahulu, dilanjutkan dengan Velvet.apk, dan terakhir GoogleHome.apk. Alhasil, anda baru bisa menikmati launcher ala Kitkat ini. Jangan lupa setel sebagai launcher utama. 

2. Kok Ikonnya Gak Ganti?
Selidik punya selidik, ternyata ada beberapa kelemahan yang mungkin membuat feel Android Kitkat terasa ada yang kurang. Status bar dan navbar (tombol Back, Home dan Menu di sebagian handset Android) tidak berubah menjadi transparan layaknya Android Kitkat di Nexus 5. Selain itu, launcher ini juga tidak akan merubah ikon anda, sehingga ikon yang digunakan adalah ikon standar milik UI default yang disematkan dalam handset anda. Disini saya menggunakan Samsung Galaxy S4, sehingga ikon yang tampil adalah ikon standar Touchwiz. Nah terus gimana dong?

Pernah mendengar tentang aplikasi Icon Changer Free? Yap, aplikasi inilah yang akan membantu kita dalam urusan mengganti ikon default yang "menggangu" itu. Perlu diperhatikan, perubahan ikon ini HANYA TERLIHAT DI HOME SCREEN, sehingga anda dapat dengan mudahnya kembali ke ikon bawaan sistem jika sudah bosan. Jadi, pada tutorial ini, kita hanya mengganti ikon Phone dan Camera saja.

Dalam file zip yang saya suguhkan, terdapat file bernama Phone.png dan Camera.png. Salin file tsb ke sebuah folder dalam ponsel anda, karena kita akan membutuhkan kedua ikon tsb. Selanjutnya, buka Icon Changer Free yang sudah diunduh dari Play Store (maka itu saya tidak menyediakan file ini dalam zip ini). Klik ikon yang ada di tengah (berlambang robot Android hijau dan merah), lalu pilih aplikasi Phone (boleh aplikasi Phone stock, boleh juga aplikasi pihak ketiga macam ExDialer).

Selanjutnya klik Change, lalu pilih Gallery. Arahkan ke file gambar yang baru saja anda salin. Setelah itu klik OK. Tunggu beberapa saat sampai ikon yang sudah anda ubah tampil di homescreen. Cukup pindahkan ikon tsb ke bawah layar sesuai posisi pada gambar. (Camera, Chrome, Apps, Hangouts, Phone) Lakukan hal yang sama terhadap ikon Camera.

Jika anda masih mempunyai ikon lain yang ingin diganti menjadi ala Kitkat, kami telah menyediakan Kitkat_Icons_Pack.zip yang berisi ikon2 lainnya, seperti Music, Videos, dll. Tapi ingat, pakailah seperlunya saja, karena ikon ini hanya menampakkan perubahannya di homescreen, tidak secara keseluruhan.

3. Lupakan Aplikasi SMS Bawaan
Seperti yang telah disinggung pada artikel "Yang Bikin Kitkat Memikat" yang pernah saya post beberapa waktu lalu, dukungan fitur SMS di Hangouts tak hanya milik Kitkat saja, melainkan juga untuk OS di bawahnya. Tanpa banyak neko2, file installer untuk Hangouts versi 2 tak luput kami sertakan, yakni dengan nama hangouts.2.0.12.apk. Cukup salin ke ponsel anda dan instal seperti biasa, maka Hangouts versi lama akan langsung diupgrade ke versi 2. Cihuy! Saatnya melupakan aplikasi SMS bawaan!

4. Biar Jadul Tetap Tak Ketinggalan
Fitur Photo Sphere menjadi andalan Google sejak versi 4.2. Dengan Photo Sphere ini, foto yang dihasilkan menjadi sebuah bola, yang tentunya akan memberikan pandangan lebih dari foto panorama biasa. Pada versi 4.4 yang baru rilis ini, Google sama sekali tidak menyentuh aplikasi kamera dalam daftar perubahannya.

Beberapa hari yang lalu, saya menemukan seorang member forum XDA yang berhasil mem-porting aplikasi kamera bawaan Android Kitkat dan menyebarkannya dalam format apk. Tentu saja, jasanya pun tak luput dari bahan percobaan saya. Langsung pasang dan coba. Pertama2, foto bisa, video bisa. Eh pas mau coba Photo Sphere yang jadi andalan itu, crash! Hal yang sama juga terjadi ketika saya mencoba mode Panorama.

Sumber: GadgetHelpline.com
So, buat yang bosan dengan aplikasi kamera standar, anda boleh menginstal Gallery JB (sudah termasuk kamera) dari file NewCameraApp[2].apk yang sudah kami sediakan. Sekali lagi, ini aplikasi Gallery yang diporting langsung dari Android 4.3 AOSP ROM (meskipun masih 4.3, tapi fiturnya tak jauh beda dengan yang 4.4 punya), BUKAN BUATAN MOBLYNX (mengingat Moblynx hanya membuat Gallery versi ICS). Biar kelihatan seperti Kitkat, anda bisa mengganti ikon tsb dengan mengikuti kembali langkah 2. Lain halnya dengan Camera 4.4, Camera 4.3 terbukti lebih stabil, dan fitur Panorama maupun Photo Sphere pun lancar jaya.

5. Halo-Halo Ala Kitkat
Beberapa bulan sebelum Kitkat dirilis ke publik, sebuah gambar yang memperlihatkan aplikasi Dialer di Android Kitkat bocor di jagat maya. Pada gambar tsb terlihat tampilan dialer yang serba putih, namun ternyata dugaan tersebut meleset. Nyatanya, dialer Android Kitkat yang asli masih bernuansa hitam, meskipun kini dengan tambahan aksen biru di bawahnya.

Meskipun begitu, jika anda sudah bosan dengan aplikasi dialer bawaan, anda dapat menginstal aplikasi dialer tambahan seperti ExDialer dan menginstal temanya, keduanya tersedia di Play Store. Sayangnya, ExDialer hanya digratiskan selama 7 hari, dan anda diharuskan membayar jika lewat batas waktunya. Untungnya, kami menemukan file PRO yang dishare secara bebas, dan sudah kami sediakan pula dengan nama Exdialer.apk. File temanya sendiri bernama ThemeKitkat.apk. Instal keduanya dan aktifkan tema tsb lewat Menu>Preferences>Theme, lalu pilih ExDialer Android 4.4 Kitkat. Selesai sudah.

6. Masih kurang puas? (ROOT)
Bagi anda yang merasa status bar hitam itu terlalu menggangu, anda bisa melakukan kustomisasi tambahan melalui jalan root. Untuk anda yang mempunyai ROM stock Samsung ataupun AOSP (Google Nexus, Motorola ataupun Smartfren), anda bisa menggunakan Tweakbox. Tapi, cara tsb tidak akan kami bahas di artikel ini, karena sudah terlalu banyak. :)

Hasil akhirnya akan terlihat seperti ini...


Selamat berkreasi! Jika ada masalah, silakan komentar dibawah. :)

Follow www.twitter.com/wataroe dan subscribe www.youtube.com/tripleppadmg :)

Wataroe's Tech Corner