Saturday 17 May 2014

Bagian-bagian Smartphone

Mungkin GTFers memiliki sebuah smartphone namun GTFers tidak tahu bagian dalaman dari smartphone ini. Di sini ane akan coba rinci bagian-bagian dari smartphone ini sendiri. Check it out
Contoh smartphone : Samsung Galaxy Ace 3

Sebuah smartphone sebenarnya memiliki bagian yang berbeda-beda. Tapi ane akan coba deskripsikan bagian paling mainstream-nya smartphone.

1. Prosesor
Prosesor Qualcomm Snapdragon
Prosesor adalah sebuah sirkuit yang mengintegrasi sebuah komponen dari komputer atau sistem elektronik. Jadi, dalam smartphone sistem chip inilah yang mengatur semua bagian-bagian dalam smartphone. Contoh keluarga sistem chip adalah Qualcomm Snapdragon, Mediatek dll.
2. Display
Ini merupakan salah satu perangkat output dalam smartphone. Biasanya display dari smartphone sudah mendukung touchscreen dan malah mendukung multi-touch. Ukuran diagonal display smartphone yang murah biasanya sekitar 4 incian. Untuk smartphone flagship biasanya sekitar 5 incian. Untuk phablet biasanya antara 5 inci - 7 incian. Display sendiri memiliki resolusi dari layar dan mempengaruhi kerapatan dari display ini. Seperti contoh, suatu smartphone dengan ukuran diagonal layar 4.5 inci resolusi qHD (540 x 960) memiliki ukuran kerapatan layar sekitar 200 ppi-an. Smartphone murah kebanyakan memberikan resolusi WVGA (480 x 800) pada layar smartphonenya. Sedangkan smartphone flagship biasanya memberikan resolusi layar kebanyakan Full HD (1920 x 1080) bahkan Quad HD (2560 x 1440).
3. Operasi sistem
Android 4.4.2 (Nexus 5).png
Contoh sistem operasi : Android 4.4.2 KitKat
Seperti komputer, sebuah smartphone pasti memiliki sebuah sistem operasi. Sistem operasi dalam smartphone juga sama fungsinya dengan komputer, mengatur kinerja hardware dan software. Makin baru versinya, biasanya makin banyak fiturnya dan juga imbasnya adalah kinerja smartphone yang semakin berat sehingga malah berakibat lag. Untungnya sistem operasi terbaru kebanyakan sudah didesain sesederhana mungkin sehingga mampu berjalan di smartphone yang memiliki spesifikasi rendah. Seperti Android 4.4 KitKat, iOS 7 dll.

4. CPU
Ini yang memproses proses input-output dari sebuah komputer atau smartphone. Contoh CPU dalam smartphone adalah Krait, Scorpion dll.

5. GPU
Ini yang memproses sebuah grafis dalam komputer/smartphone. Biasanya GPU yang makin mantap kinerjanya digunakan untuk memainkan game yang grafisnya juga mantap. Contoh GPU dalam smartphone adalah Adreno, PowerVR, Nvidia dll

6. RAM
Random Access Memory
Ini adalah sebuah hardware dalam komputer yang gunanya membaca data dan memori. Makin besar kapasitas RAMnya, makin 'lowong' kinerja dari smartphone sehingga menghindarkan dari semacam lag. Smartphone murah kebanyakan memberi kapasitas RAM 512 MB, sedangkan smartphone flagship memberi kapasitas RAM 2 GB bahkan 3 GB.





7. Port Phone connector
Kalau GTFers sering mendengarkan lagu lewat smartphone, pasti GTFers men'colok'kan headsetnya ke port phone connector. Ini adalah konektor yang biasanya digunakan untuk headset. Dan biasanya bentuk portnya adalah lingkaran.

8. Port micro USB
Ini adalah port yang biasa digunakan untuk kabel data/meng-charge smartphone. Sebagian besar smartphone masih menggunakan microUSB 2.0 sedangkan beberapa smartphone sudah menggunakan microUSB 3.0

9. Baterai
Ini adalah perangkat utama yang menyediakan tenaga bagi smartphone. Baterai dalam smartphone biasanya menggunakan baterai yang dapat diisi ulang, seperti Li-Ion (Lithium-Ion) atau Li-Po (Lithium-Polymer).

10. Kamera
Ini salah satu bagian yang paling banyak di smartphone. Biasanya smartphone kebanyakan memiliki resolusi kamera antara 2 MP - 13 MP, bahkan ada yang 41 MP seperti Nokia Lumia 1020.

Sekian dulu post ane tentang bagian-bagian smartphone secara umum. Yang mau nambahin bisa dengan komen di sini :)