Saturday 26 October 2013

Lebih Intim Dengan BBM for Android: User Interface

Sumber Gambar: Cult of Android
Weits, jangan mikir yang macem2 dulu gan... Maksud dari kata "intim" pada judul ini adalah mengenal lebih dekat dengan BBM for Android. Tak kenal maka tak sayang. :D

Anyway, BBM for Android (dan juga iOS) merupakan aplikasi baru, sehingga tampilannya pun dibuat mirip dengan BBM pada sistem operasi andalan BB, yakni BB10. Masalahnya, tak sedikit pengguna Android yang bermigrasi dari BB dengan OS sebelum versi 10 (entah versi 5, 6 maupun 7) dan melongkapi BB10 (termasuk saya) , sehingga ketika disuguhi tampilan baru BBM for Android, kesan canggung pun langsung menyergap.

Jika ada yang ingin ditanyakan lebih mendalam soal BBM for Android, anda bisa add PIN saya: 7618BCAF :)


1. Suguhan Halaman Muka
Setelah anda meregistrasikan email anda, login dengan Blackberry ID anda, dan sudah mendapatkan PIN, anda akan disambut dengan tampilan yang cukup menarik, namun sedikit butuh pembiasaan. Style drop-down yang digunakan di BB OS sebelum 10 sudah tidak digunakan, diganti dengan sistem tab seperti pada gambar di sebelah kiri. 


Jika anda melakukan swipe ke kanan atau mengklik ikon 'tiga garis' di paling kiri, anda akan melihat menu Chats, Contacts, Groups, Updates dan Invites. (bagian ini akan kami bahas satu2 nanti). Jika anda menglik ikon 'tiga titik' di paling kanan (tidak bisa swipe) atau menekan tombol Menu pada handset anda, maka menu lain yaitu Help, Settings, Invite to BBM, Start Multiperson Chat, Send Broadcast Message dan Start Chat. (bagian ini juga akan dibahas nanti)

3. Contacts dan Recent Updates
Bagian ini bisa saya bilang yang 'gak penting2 amat', karena secara garis besar, tampilannya masih mempunyai kemiripan dengan BB OS sebelum 10. Uniknya lagi, anda dapat memilih style yang anda suka, entah itu grid atau list (saya lebih menyukai list). Klik pada salah satu contact, anda akan langsung memulai percakapan. Sayangnya, fitur pengelompokan contact (Category) yang tersedia di BBM terdahulu, absen di BBM for Android (semoga BB cepat memberikan update untuk ini).

Recent Updates. Inilah bagian yang merupakan bagian yang paling ramai dalam BBM. Update dari pengguna lain akan ditampilkan secara realtime, yang sayangnya update dari pengguna yang sama tak bisa digabungkan (agar menghemat tempat), seperti BBM sebelum BB10.

4. Antarmuka Chat yang Dipermak
Tak hanya sampai disitu, bagian chat juga mengalami sedikit perubahan. Ikon D dan R yang selama ini menjadi andalan BBM dibandingkan aplikasi messenger lain, sekarang tidak lagi ditampilkan bersama tanda centang. Ikon centang sendiri masih ada, melambangkan pesan telah terkirim ke server BBM. Ikon D melambangkan pesan sudah sampai ke lawan chatting, dan apabila sudah dibaca maka berubah menjadi R

Melihat sesuatu diantara message box dan keyboard? Yap, itu adalah beberapa shortcut untuk akses cepat fungsi chat di BBM. Secara berturut2, ikon tsb adalah kembali (ke halaman utama), tambah peserta chatting, mengirim file (yang sayangnya hanya bisa mengirim gambar dan rekaman suara, tidak sembarang file seperti pada BBM di BB10), tombol kirim (yang sebenarnya tak terlalu dibutuhkan karena sudah ada di keyboard), dan menu tambahan yang akan menyuguhkan menu tambahan Invite Others, Attach, Send, Ping, Copy Chat dan End Chat.


5. Broadcast Broadcast!
Fitur ini bahkan dianggap sebagai kelemahan BBM oleh sebagian pengguna (termasuk saya), akibat terlalu banyak penyalahgunaan fitur ini, mulai dari penyebaran berita palsu (hoax), promosi PIN, hingga pesan yang terkesan mempertakut, eh menakuti pengguna. (mis: kirim ini ke 12 pengguna atau setan akan datang ke rumahmu). So, be a smart user, jangan menyalahgunakan fitur ini... :D

Sekarang, fokuskan tatapan anda ke lambang 'mirip TOA' yang ada di gambar sebelah kiri. (mohon jangan salah fokus ke ava teman saya... :v) Bila anda menilik kembali ke versi BBM sebelum BB10, tanda pesan broadcast dan chat biasa dari teman sulit untuk dibedakan. Keduanya memakai lambang titik kuning bila belum dibaca, dan titik abu bila sudah dibaca. 

Namun semuanya sudah berubah. Seperti yang anda lihat di gambar, pesan broadcast yang diterima dilambangkan dengan TOA merah jika belum dibaca dan TOA abu2 bila sudah dibaca. 
Sekarang, mari kita coba untuk mengirim broadcast sendiri... :)

Dari halaman utama, buka Menu > Send Broadcast Message, lalu akan muncul tampilan seperti yang ada di gambar sebelah kanan. Masukkan contact yang akan anda kirimi broadcast di kolom To. (jika ingin mengirim ke semua contact, klik tombol + di pojok kanan bawah, lalu pilih Select All. Jika anda mau membatalkan kiriman ke orang tertentu, klik contact yang ada pada kolom To, lalu klik x (seperti pada contact Tjandra Huann). Masukkan pesan yang akan anda kirim, (sekali lagi ingat ya, jangan disalahgunakan) lalu klik Send. Pesan broadcast yang sudah terkirim akan ditandai dengan ikon TOA kuning di jendela chat. Gampang kan?

Sekian dulu tutorial BBM bagian ini. Bagian lainnya menyusul... :)

Follow www.twitter.com/wataroe dan subscribe www.youtube.com/tripleppadmg :)

Wataroe's Tech Corner

1 comments: