Saturday 26 October 2013

Lebih Intim dengan BBM for Android: Contacts

Sudah membaca post pertama? K then, lanjooootttt... :D

BBM tentu tak akan lengkap atau tak ada kontak. (Ya iyalah!) Dengan kontak itulah anda bisa menghubungi yang lain via BBM. Tetapi, mengingat penampilan BBM yang sekarang sudah beda, anda membutuhkan pembiasaan lagi jika ingin menggunakan BBM for Android.

Tanpa ba bi bu lagi, langsung aja yuk!

Jika ada yang ingin ditanyakan lebih mendalam soal BBM for Android, anda bisa add PIN saya:7618BCAF :)

1. Tambah Kontak
Bagian ini merupakan bagian yang "pasti disentuh" di BBM. Karena dari sinilah anda dapat memperluas pertemanan anda dengan menambah contact BBM. Ada beberapa cara invite contact BBM yang langsung akan saya bahas disini.

a. Invite by Barcode Scan
Semenjak diperkenalkan BBM versi 5, pengguna disajikan cara lain untuk menambah kontak BBM, yaitu QR Code, sebuah kotak yang berisi barcode. Anda dapat menyimpan barcode tsb, lalu menyebarkannya secara luas agar orang dapat lebih mudah menginvite contact anda tanpa harus menghafal PIN. 

Lantas bagaimana cara melihat barcode saya? Tak jauh berbeda dengan BBM sebelum BB10, klik user anda (di gambar adalah Excel Coananda), lalu klik Show Barcode yang ada di toolbar bawah. Layar akan menampilkan QR Code anda beserta PIN anda di bawahnya. Sayangnya, anda tidak bisa menyimpan barcode ini, namun anda dapat melakukannya dengan cara lain, misalkan screenshot.

b. Invite by PIN
Bisa dibilang, cara ini adalah cara yang "paling klasik" dalam BBMan. PIN BBM sendiri adalah semacam kode yang terdiri dari 8 karakter hexadecimal (0-9, A-F). PIN BBM di Blackberry biasanya berawalan 2 atau 3, sedangkan di Android dan iOS berawalan 7. Masukkan PIN dan selesailah sudah. Anda hanya perlu menunggu dia menerima permintaan pertemananmu.

Beberapa orang (termasuk saya) menginvite PIN mereka sendiri. Hal ini dilakukan untuk mengecek perubahan yang dilakukannya (seperti mengganti ava, mengganti status), sudah berubah atau belum di Recent Updates, tanpa harus meminjam handset temannya. Sayang beribu sayang, ketika saya mencoba fitur tsb di BBM for Android, invite tsb tidak muncul di Invites > Sent dan juga Invites > Received. Jadi kesimpulannya, ANDA TIDAK LAGI BISA MENGINVITE PIN ANDA SENDIRI.

c. Invite by Email/SMS
Lantas bagaimana dong buat yang belum mengunduh BBM? Tak perlu risau, anda bisa menginvite mereka untuk turut serta menggunakan BBM, baik via SMS maupun email. Aplikasi messaging akan terbuka, cukup masukkan alamat email / nomor ponsel dan kirim, dan tunggu saja apakah mereka turut iri dengan anda dan mulai menggunakan BBM sama seperti anda... :D

d. Invite by NFC
Ini bisa dibilang cara yang paling keren, mengingat hanya handset terbaru saja yang dilengkapi dengan fitur ini. Cukup nyalakan fitur NFC di handset anda, dan tempelkan dengan handset teman anda yang fitur NFCnya juga sudah dinyalakan. Mantab kan?

Bila ada teman yang mengirimkan Invitation to BBM seperti pada gambar di atas. Hanya tiga pilihan yang tersedia disini, yaitu Accept, Ignore ataupun Back

2. Kesal? Tinggal Hapus!
Tak ada yang abadi, termasuk pertemanan sekalipun. Terkadang anda kesal dengan seseorang di BBM, entah menggangu, masalah di dunia nyata, atau masalah lainnya, maka cara terakhir yang diambil adalah menghapus contact BBMnya, biasa terkenal dengan istilah delcon. Gatau caranya? Oke, saya akan memberitahu.

Pilih kontak yang ingin anda hapus, lalu tahan sampai keluar menu dari sebelah kanan. (dalam hal ini Winata). Pilih menu Delete [nama kontak] yang ada dibawah. ([nama kontak] tergantung pada kontak yang ingin anda hapus, dalam hal ini Delete Winata). Dialog box akan muncul, yang akan bertanya apakah anda memperbolehkan orang ini menginvite anda lagi di kemudian hari. Centang kotak ini jika anda benar2 kesal dengan orang tsb, dan jika sampai orang itu kembali menginvite anda, maka request tsb tidak akan sampai ke anda dan selamanya ada di tab Sent sampai dihapus oleh lawan anda, lalu klik Delete. Selesai.

NB: Dalam kasus ini, kontak "Winata" tidak dihapus beneran, kasian entar orangnya... :v

Selain Delete Contact, menu ini juga menyediakan menu View BBM Profile, yang akan memperlihatkan nama, status, PIN dan ava orang tsb. 

Sekian dulu tutorial BBM bagian ini. Bagian lainnya menyusul... :)

Follow www.twitter.com/wataroe dan subscribe www.youtube.com/tripleppadmg :)

Wataroe's Tech Corner