Sunday 27 October 2013

Nikmati BBM di Mac (dan juga Windows)

Kaget melihat pemandangan di atas? Jangan histeris dulu gan, ini cuman BBM di OS X 10.9 Mavericks. Emang bisa ya? Bukannya BBM cuman dirilis buat BB, Android dan iOS?

Weits, pernah mendengar tentang virtualisasi? Yap, virtualisasi adalah suatu teknik yang memungkinan sebuah OS dapat dijalankan di dalam OS. (Yo Dawg!) Dan hal tersebut juga berlaku untuk Android, sehingga Android pun dapat diinstal juga di PC atau Mac anda.

OK, let's go! :D

1. Daftar Dulu, Baru Unduh
Bila selama ini anda mengenal Bluestacks sebagai andalan untuk menjalankan Android di PC, maaf - Bluestacks tidak akan dapat menjalankan BBM. Bluestacks menggunakan Android 2.3, sedangkan BBM membutuhkan minimal OS Android versi 4.0. Jangan lemes dulu, masih ada jalan lain kok, yakni melalui Genymotion.

Beranah maya di www.genymotion.com, Genymotion menyediakan solusi untuk menjalankan BBM di PC dan Mac. Perlu anda ketahui, Bluestacks dan Genymotion sama sekali berbeda. Bluestacks hanya memodifikasi aplikasi Android agar bisa dijalankan di PC, sedangkan Genymotion mengandalkan VirtualBox sehingga dapat menjalankan OS Android betulan secara virtual, jadi tinggal instal aplikasinya aja, sama seperti instal aplikasi Android di handset Android biasa.

Loh, kok tadi VirtualBox disebut2? Memang, aplikasi ini tidak bisa berdiri sendiri. Mengingat aplikasi ini merupakan virtualisasi Android beneran, aplikasi ini membutuhkan VirtualBox yang bisa diunduh disini. Oiya, Android SDK juga mutlak hukumnya loh. Filenya agak gede sih, tapi gapapa lah, bisa diunduh disini SDKnya.

Satu hal lagi, Genymotion mengharuskan anda untuk mendaftar terlebih dahulu sebelum mengunduh. Bahkan jika anda mengunduhnya dari sumber lain, akun Genymotion tetap dibutuhkan untuk menjalankan Android. Proses pendaftarannya gak lama kok.

2. Smartphone atau Tablet?
Sudah instal VirtualBox, Genymotion dan Android SDK? Sekarang Jalankan Genymotion, lalu klik Add (yang berlambang +), lalu akan muncul jendela seperti pada gambar di samping. 

Aplikasi pun meminta anda untuk memasukkan informasi akun Genymotion anda. Masukin aja, udah dibuat tadi kan? 

Coba lihat di kolom Virtual device available from the Genymotion Cloud. Pilih device yang sesuai/kurang dari resolusi layar anda, agar anda tidak perlu repot2 scrolling. Saran saya sih cari yang ada label "with Google apps", biar bisa login melalui akun Google (Gmail) anda dan juga bisa download aplikasi dari Play Store. 

Sekarang pertanyaan baru lagi, mending pilih smartphone atau tablet? Saran saya sih, mending pilih tablet, karena layar PC sendiri berorientasi landscape, alias menyerupai tablet. Jangan takut tidak bisa menginstal BBM, karena saya mempunyai file APK yang bisa dijalankan di tablet.

Sesudah memilih perangkat, klik Add dan ikuti langkah selanjutnya. Kalo udah, langsung aja klik Play (yang berlambang segitiga), tunggu beberapa saat dan akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini.


Meskipun Android yang diinstal adalah versi tablet, bukan berarti anda tidak bisa menginstal BBM, hanya saja tidak bisa dari Play Store. Hal ini dibuktikan dengan gambar di samping. Jangan keburu hapus dan ganti versi gan, ada cara siasatinnya kok.

Pertama2, pastikan sistem anda memperbolehkan penginstalan aplikasi diluar Play Store. Anda bisa mengaturnya di Settings > Security (kategori Personal), lalu centang Unknown Sources (kategori Device Administration). 

Sudah? Sekarang download file apk untuk BBM for Android disini. Gausah takut gak resmi, file ini baru keluar beberapa hari setelah BBM rilis resmi, dan sudah benar2 dicoba oleh saya sendiri. Download dan instal seperti biasa, dan jalankan! Layar akan langsung berubah orientasi menjadi potrait.

Masukkan email yang telah didaftarkan di bbm.com (jika anda belum mendaftar jauh hari, anda terpaksa harus menunggu). Login dengan Blackberry ID anda (jika anda belum punya, anda bisa membuat baru) dan voila! Anda sekarang sudah bisa BBMan di PC/Mac anda, tentunya dengan keyboard fisik yang membuat anda lebih nyaman mengetik dibandingkan keyboard virtual pada smartphone...

Untuk platform Windows, caranya gak jauh beda kok ama yang di Mac. Selamat mencoba.

Follow www.twitter.com/wataroe dan subscribe www.youtube.com/tripleppadmg :)

Wataroe's Tech Corner 

4 comments

kok erro ya mas sewaktu saya play genymotion??

Balas

betul gan kok gk bs genymotionnya

Balas

kalau ga ada lambang with google apps nya gimana ka ?

Balas

Setuju. Saya download genymotion pada 30/07/2014, tampilannya beda dengan gambar penjelasan web ini. Sedangkan tulisan di web ini ditulis pada 26/10/2013.

Balas