Friday 1 November 2013

Lima Turunan Sang Pertamax

Google baru saja memperkenalkan generasi kelima lini ponselnya, yakni Nexus 5. Ponsel ini merupakan ponsel pertama di dunia yang mendapat Android 4.4 alias Kitkat. 

Seperti yang anda ketahui, Google telah melakukan tradisi ini sejak 2010 lalu, dimana ponsel buatannya selalu mendapat Android versi terbaru lebih dulu ketimbang merek lain (tak heran saya menjulukinya Sang Pertamax). Namun Google tak bekerja sendiri, melainkan dibantu oleh perusahaan handset kawakan macam HTC, Asus, Samsung dan LG. 

Sebelum saya membahas fitur baru di Android 4.4 Kitkat dan Nexus 5, mari kita bahas sejarah Nexus terlebih dahulu...

1. HTC Nexus One (Januari 2010)
Google mengawali debutnya dalam dunia ponsel dengan Nexus One, dibantu dengan manufaktur ponsel asal Taiwan, HTC. Ponsel ini ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon QSD8250 1 GHz dan RAM sebesar 512 MB. Layarnya berukuran 3.7" dengan resolusi 480*800 (WVGA) dan kamera sebesar 5 megapiksel. Ponsel ini bersistem operasi Android 2.1 Eclair, dan menjadi yang pertama mendapatkan Android 2.2 Froyo pada Mei 2010, yang kemudian dapat ditingkatkan lebih jauh lagi hingga Android 2.3 Gingerbread. Ponsel yang masih memiliki trackball ini berumur paling pendek diantara ponsel Nexus lainnya, yakni hanya 11 bulan sebelum akhirnya digantikan oleh Nexus S.

2. Samsung Nexus S (Desember 2010)
Belum juga setahun, Google telah menyiapkan pengganti Nexus One yang dikritik buruk dalam rendering 2D. Dinamakan Nexus S, kali ini Google memilih Samsung sebagai mitranya. Meskipun tidak ada peningkatan dalam kecepatan prosesor, Nexus S dinilai lebih baik dari pendahulunya karena menggunakan SoC (System on Chip) buatan Samsung sendiri, yakni Exynos 3. Ukuran layar mengalami peningkatan dari 3.7" ke 4.0", sayangnya tidak ada peningkatan dalam hal resolusi layar. Sektor kamera juga tak banyak berubah. Soal OS, ponsel ini (lagi-lagi) yang pertama mendapatkan Android 2.3 Gingerbread, OS teranyar saat itu. Versi tertinggi yang didukungnya adalah Android 4.1.2 Jelly Bean, masih cukup menyakinkan bahkan untuk saat ini. Penerusnya dirilis sekitar 11 bulan setelahnya.

3. Samsung Galaxy Nexus (November 2011)
Masih bersama Samsung, Google merilis Galaxy Nexus pada akhir tahun 2011. Ponsel ini merupakan ponsel pertama yang mendapat Android 4.0 Ice Cream Sandwich, versi Android yang mendapat perubahan yang sangat signifikan. Tak hanya perubahan signifikan dalam software, melainkan juga hardware, karena otak pemroses smartphone ini sudah berinti ganda. Tidak ada lagi tombol selain power dan volume, karena semuanya sudah dimasukkan dalam layar berukuran 4.65"nya yang beresolusi 720*1280. Lagi-lagi, sektor kamera juga tak ada perubahan. Sayang beribu sayang, saya baru mendapat kabar bahwa smartphone ini TIDAK AKAN MENDAPATKAN OS teranyar Google, yakni Android 4.4 Kitkat. Jadi, Galaxy Nexus sudah mentok di Android 4.3 Jelly Bean, tapi okelah!

4. LG Nexus 4 (November 2012)
Tidak tahu kenapa, tetapi yang pasti Google kali ini lebih memilih saingan sebangsa mitranya terdahulu, yakni LG. Dengan prosesor berinti empat dan sektor kamera yang akhirnya mengalami peningkatan dari 5 ke 8 megapiksel, ukuran layar juga tak banyak berubah, meskipun jumlah piksel nya bertambah sebanyak 61440. Tak seperti dahulu, baterai Nexus 4 kini tak bisa dicopot pasang lagi, dan anda juga harus puas dengan kapasitas 8 atau 16 GB yang disediakan, karena slot microSD tak ditemukan lagi disini. Dirilis pertama kali dengan Android 4.2 Jelly Bean, ponsel ini akan mendapat Android 4.4 Kitkat dalam kurun waktu yang tak lama lagi.

5. LG Nexus 5 (Oktober 2013)
Setelah cukup lama malang melintang penampakannya di jagat maya, akhirnya penerus Nexus 4 ini menampakkan dirinya secara resmi tepat pada akhir Oktober lalu. Ditujukan untuk bersaing dengan ponsel anyar yang sudah siap menanti, seperti iPhone 5S, Sony Xperia Z1 dan LG G2, atau yang sudah agak uzur macam Samsung Galaxy S4 dan HTC One, ponsel ini mengalami perubahan desain yang lebih mengotak dan casing belakang yang mirip dengan Nexus 7 versi 2013 (walapun sebenarnya saya lebih menyukai desain Nexus 4). Agar dapat lebih bersaing, ukuran layar ditingkatkan menjadi 4.95" dengan resolusi 1080*1920. Nexus 5 dikapalkan dengan Android 4.4 Kitkat, sekaligus menjadi smartphone pertama yang mendapatkannya.

Selesai sudah post untuk hari ini. Selanjutnya kita akan membahas tentang fitur baru yang ada di Android 4.4 Kitkat. :)

Follow www.twitter.com/wataroe dan subscribe www.youtube.com/tripleppadmg :)

Wataroe's Tech Corner