Friday 11 April 2014

Yang Gress di Windows 8.1 Update 1


Pada hakikatnya, Windows merupakan sistem operasi desktop. Namun belakangan, Windows terbaru, yakni Windows 8 malah dibenci, karena dianggap 'menciptakan lingkungan kedua' berbasis Modern UI (dulu Metro), sulitnya untuk restart dan shutdown, inkompatibilitas aplikasi serta hilangnya tombol Start yang telah menjadi ikon Windows sejak 19 tahun lalu.

Untuk menjawab panggilan pengguna, Microsoft merilis Windows 8.1 pada tahun 2013. Update ini mengembalikan tombol Start yang memberikan akses instan ke layar Metro (meskipun fungsinya tak seperti dulu lagi), boot langsung ke desktop, UI Windows Store yang diperbaharui dan masih banyak keunggulan lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Meskipun begitu, noktah hitam masih saja didapat setelah perilisan update ini. Banyak yang menyayangkan kesulitan update dari Windows 8.1, karena harus melalui Windows Store, Microsoft Account dan koneksi internet. Banyak pula yang mengkritik bahwa Windows 8, bahkan 8.1 sekalipun, masih sulit dijelajahi dengan alat komputasi konvensional, yakni mouse dan keyboard. Untuk itu, Microsoft memberi jawaban dengan merilis Windows 8.1 Update 1 sejak 8 April lalu.

1. Cek bebi cek..
Sebelum itu, kita harus memastikan apakah kita sudah update atau belum. Caranya adalah melihat layar Metro anda. Jika di sebelah nama user anda ada tombol Power dan Search, tandanya anda sudah menginstal Windows 8.1 Update 1.

Bagaimana jika belum? Bukalah Windows Update, lalu cari update KB 2919355 seperti gambar berikut. Ukuran filenya memang agak gede, tapi gak sebongsor Windows 8.1 kok, cuman 865 MB. Setelah selesai instal update, restart PC anda dan tedaah! Windows 8.1 anda sudah terinstal Update 1.

Jika PC anda diarahkan langsung ke desktop, itu wajar, karena itu merupakan settingan default Update 1. Bagaimana jika sudah kadung dengan Metro seperti saya? Gampang, tinggal klik kanan taskbar anda, masuk ke tab Navigation, lalu hilangkan centang pada kotak "When I sign in or close all apps on a screen, go to the desktop instead of Start".

Satu lagi, jalur Update 1 saat ini HANYA BISA DILAKUKAN VIA WINDOWS UPDATE. Jadi, untuk pengguna Windows 8.1 bajakan, maaf, anda tidak bisa melakukan update ini atau Windows anda akan ketahuan bajakan. Update ini juga hanya berlaku untuk pengguna Windows 8.1 dan Windows RT 8.1. Jika anda masih memakai Windows 8, mohon update dulu Windows 8.1 dari Windows Store sebelum melanjutkan.

Sekarang mari kita bahas fitur2nya..

2. Aplikasi Metro Serasa di Desktop



Banyak aplikasi Metro bertengger sejak awal instal Windows 8, juga beragam aplikasi Metro dari Windows Store. Jika anda eneug dengan Metro, tetapi membutuhkan aplikasi2 Windows Store, Update 1 kudu dilakukan.

Seperti di contoh, saya sedang membuka aplikasi musik bawaan. Ikon musik pun kini ikut ditampilkan di taskbar, bahkan anda pun sekarang bisa pin aplikasi tsb di taskbar loh! Berpindah aplikasi pun tak perlu menggeser mouse ke pinggir, cukup arahkan mouse, dan taskbar tradisional akan muncul. Menutup dan minimize aplikasi? Kedua tombol tsb sudah disediakan diatas, lagi2 mouse perlu diarahkan kesana.

3. Klak klik kanan di Start
Sebenarnya hal ini sudah lama bisa dilakukan, bahkan sejak rilis pertama. Hanya saja, klik kanan di layar Start malah membuka konteks menu di bawah layar, dan mungkin akan terasa asing bagi sebagian pengguna. 

Sekarang, jika anda menglik salah satu tile, sebuah konteks menu tradisional akan tampil seperti pada gambar. Isi dan fungsi sih sami mawon.

4. Lainnya


Gak penting2 amat sih, tetapi mereka yang telah setia dengan Outlook Express di Windows XP dan Windows Mail di Windows Vista, sangat pantas untuk "naik kelas" ke Windows 8. Apalagi aplikasi Mail di Windows 8.1 Update 1 tak luput diperbaharui dengan desain baru yang lebih bersih dan elegan.


Tersadar akan sesuatu yang berada di pojok kiri bawah? Tak perlu dijelaskan, anda mungkin sudah tahu sendiri fungsinya.

Akhir cerita, inilah fitur2 terbaru di Windows 8.1. Semoga bermanfaat dan selamat upgrade.. ^_^