Saturday 16 November 2013

Lebih Intim Dengan BBM for Android: Categories

SEBELUM
Sudahkah anda upgrade ke BBM versi terbaru, 1.0.2.83? Jika sudah, selamat! Karena dalam versi baru ini terdapat beberapa penambahan fitur, salah satunya adalah Categories.

Soal beberapa kabar yang berhembus, yang kabarnya dirumorkan BBM akan disertai dengan iklan, nampaknya belum terbukti. Berbahagialah mereka belum melakukannya.

Inilah beberapa fitur yang dikutip dari Play Store tentang BBM for Android:

- BBM Contact categories
- List sorting and filtering in BBM Groups
- 'Tell your friends’ feature helps you connect with friends on BBM
- Quickly share your BBM PIN and PIN barcode to your social networks
- Addresses an issue where some users were experiencing higher battery use
- Bug fixes and performance improvements

Tertarik untuk menjelajahi fitur barunya? Ayo!

Tahan di kontak yang anda inginkan,
nanti akan keluar menu ini.
1. Fitur Categories Akhirnya Dihadirkan
Beberapa orang suka mengelompokkan kontak2 BBM mereka dalam bentuk kategori. Teman sekolah, teman les, keluarga, apapun itu, fitur ini nampaknya sangat membantu bagi sebagian orang, termasuk saya. Sayangnya, pada rilis perdana BBM for Android ini, fitur tsb rupanya absen, sehingga beberapa pengguna terpaksa "gigit jari".

Untungnya, janji Blackberry untuk menghadirkan fitur2 BBM secara bertahap telah terbukti, setidaknya fitur Categories ini. Jadi, anda bisa mulai mengelompokkan kembali contact anda yang berantakan itu.

2. Caranya?
Masuk ke aplikasi BBM, lalu buka menu di sebelah kanan. Anda bisa memulai kategori baru dengan cara memilih Add Category. Ketik nama category, lalu pilih Add.

CATATAN: Kami belum menemukan adanya fitur Delete Category dan Rename Category dalam update BBM ini, jadi pastikan anda mengetik nama kategori dengan benar dan teratur, karena anda tidak bisa mengubah susunan kategori sampai ada update berikutnya.

Mau pindahin beberapa kontak
sekaligus? Bisa!
3. Mulai Kelompokkan!
Bikin kategori sudah, tapi kok masih kosong? That's why, karena sekarang bagian yang paling seru, yaitu memasukkan kontak ke kategori yang sudah disediakan!

Di contoh yang ada, saya membuat dua kategori baru - Jubilee dan Family. Kategori Jubilee ditujukan untuk teman sekolah (dalam hal ini Jubilee School Jakarta), sedangkan kategori Family ditujukan untuk anggota keluarga besar. Kedua kategori ini tentunya masih kosong pada saat baru dibuat.

Mirip dengan langkah2 pada saat menghapus kontak, tahan jari anda di kontak yang ingin anda kelompokkan sampai tampak menu berikut. Bedanya, kali ini kita memilih Move Contact, dan nantinya akan keluar tampilan yang mengharuskan anda memilih kategori yang sesuai. Kategori dimana dia berada saat ini akan ditandai dengan (Current).

Mau langsung mindahin kontak keroyokan? Challenge Accepted. Pilih salah satu kontak, lalu pilih Select More. Pilih deh kontak lain yang mau dipindahin juga. Terus lihat bagian atas, pilih Move Contact (kali ini lambangnya doang). Nantinya akan keluar tampilan yang sama seperti ketika memilih satu persatu. Done.

SESUDAH
Gini deh tampilannya setelah dikelompokkan..

4. Masih ada Fitur Lain?
Selain fitur kategori, masih ada beberapa fitur lain yang dihadirkan di BBM, dan salah satu contohnya adalah Share PIN. Fitur ini merupakan akses cepat untuk anda yang ingin memperluas pertemanan anda. Anda akan diberi gambar khusus yang dapat langsung anda share via Facebook, Twitter, email, Bluetooth, dsb.

Sekian dulu tutorial BBM bagian ini. Bagian lainnya menyusul... :)

Jika ada yang ingin ditanyakan lebih mendalam soal BBM for Android, anda bisa add PIN saya:7618BCAF :)

Follow www.twitter.com/wataroe dan subscribe www.youtube.com/tripleppadmg :)

Wataroe's Tech Corner