Sunday 20 April 2014

Mengenal Keluarga Google Nexus

Mungkin anda pernah mendengar kata Google Nexus. Apa itu Google Nexus? Google Nexus adalah seri device yang biasanya menjadi cikal bakal suatu versi Android. Dari desain, pembuatan, pemasaran sampai dukungan semuanya diatur Google. Tetapi pembuatan dan manufaktur dari device dibuat oleh vendor yang bersangkutan. Tercatat sampai saat ini ada 4 vendor yang meluncurkan device Google Nexusnya. Yaitu HTC, Samsung, Asus dan LG. Varian seri Google Nexus ini dapat dengan mudah dimodifikasi. Berikut urutan device varian Google Nexus dimulai dari varian yang paling tua

1. Nexus One
Nexus One.png
Nexus One
Ini adalah varian pertama dari seri Google Nexus. Nexus One dirilis Januari 2010. Nexus One diproduksi oleh HTC. dan menjadi cikal bakal Android 2.1 Eclair. Varian ini adalah satu-satunya varian seri Google Nexus yang memiliki slot micro SD Card. Karena pemakaian GPU Adreno 200 pada device ini sangat kurang untuk memproses akselerasi 2D pada Android ICS, maka updatenya berhenti sampai Android 2.3.6 Gingerbread.






2. Nexus S
Nexus S.png
Nexus S
Ini adalah varian yang menjadi cikal bakal Android 2.3 Gingerbread. Varian ini dirilis Desember 2010. Varian ini diproduksi oleh Samsung. Varian ini adalah varian terakhir yang memakai tombol sentuh kapasitif. Varian ini mendapat update sampai Android 4.1.2 Jelly Bean.







3. Galaxy Nexus

Samsung Galaxy Nexus Render.png
Galaxy Nexus
Ini adalah varian yang menjadi cikal bakal Android 4.0 ICS. Varian ini juga diproduksi oleh Samsung dan merupakan varian pertama dari Google Nexus yang mendukung koneksi LTE. Tetapi hanya untuk varian LTE yang mendukung koneksi LTE. Varian ini dirilis Oktober 2011. Varian ini juga varian pertama yang memakai tombol di layar. Varian ini mendapat update sampai Android 4.3 Jelly Bean.








4. Nexus 7 (generasi pertama)
Front view of Nexus 7 (cropped).png
Nexus 7 (generasi pertama)
Ini adalah varian pertama dalam bentuk tablet untuk edisi Google Nexus. Varian ini menjadi cikal bakal Android 4.1 Jelly Bean.Varian ini diproduksi oleh Asus. Varian Wi-Fi Only diluncurkan Juli 2012 dan varian Wi-FI + seluler diluncurkan November 2012. Anehnya varian ini justru tidak memiliki kamera belakang dan hanya memiliki kamera depan 1.2 MP. Varian ini mendapat update sampai Android versi terbaru, 4.4.2 KitKat. Tetapi melihat kebiasaan Google merilis update untuk device paling tua 18 bulan sejak versi itu dirilis maka kecil kemungkinan Nexus 7 generasi pertama terutama versi Wi-Fi only mendapat update ke Android selanjutnya. (masih rumor)

5. Nexus 4
Nexus 4.png
Nexus 4
Ini adalah varian yang menjadi cikal bakal Android 4.2 Jelly Bean. Varian ini diproduksi oleh LG. Varian ini diluncurkan Oktober 2012. Varian ini juga mendapat update sampai versi Android terbaru, KitKat 4.4.2. Varian ini juga kemungkinan akan mendapatkan update Android selanjutnya.









6. Nexus 10
Nexus 10.png
Nexus 10
Ini adalah varian yang menjadi cikal bakal Android 4.2 versi tablet yang ternyata memiliki antar muka yang sama seperti Android 4.2 versi smartphone. Varian ini diproduksi oleh Samsung. Varian ini diluncurkan November 2012, bukannya Oktober karena penundaan event Google karena Badai Sandy. Varian ini juga mendapatkan update sampai Android KitKat 4.4.2. Varian ini juga kemungkinan mendapatkan update ke Android selanjutnya.


7. Nexus 7 (generasi kedua)
Nexus 7 (2013).png
Nexus 7 (generasi kedua)
Ini adalah varian yang menjadi cikal bakal Android 4.3 Jelly Bean. Varian ini diproduksi oleh Asus. Varian ini diluncurkan Juli 2013 untuk Wi-Fi only dan September 2013 untuk Wi-Fi + selular. Tidak seperti pendahulunya, varian ini memiliki kamera belakang 5 MP. Varian ini mendapat update sampai Android 4.4.2 KitKat dan masih mendapat update sampai Android versi selanjutnya.





8. Nexus 5
Nexus 5 Front View.png
Nexus 5
Ini adalah varian yang menjadi cikal bakal Android 4.4 KitKat. Varian ini diproduksi oleh LG. Varian ini diluncurkan Oktober 2013. Varian ini juga mendapat update sampai Android 4.4.2 KitKat dan masih akan mendapat update ke Android selanjutnya.










Sekian dulu postingan dari ane. GTFers bisa request apa saja yang mau diposting di blog Gtfoid ini. Dan kalau ada yang minat jadi admin blog Gtfoid, bisa minta ke founder Gtfoid (ente udah tau siapa foundernya :3)