Friday 18 April 2014

Naik ke Windows 8 yuk!

Windows XP memang sudah mati. Tetapi 27% masih tetap setia dengan sistem operasi uzur ini. Banyak alasan membuat mereka mempertahankan XP kesayangan, di antaranya ringan, banyak software yang hanya berjalan di XP, sudah terbiasa, budget kurang atau PC tidak kuat untuk upgrade ke 7 atau 8.

Percuma merengek2 biar XP diperpanjang dukungannya. Sifat alami teknologi memang mengharuskan kita untuk hijrah ke versi terbaru, atau anda akan kewalahan sendiri. Microsoft sendiri telah melepas dukungan XP sejak rilis Internet Explorer 9, menyusul Microsoft Office 2013 dan sejumlah produk andalan lainnya. Game2 terbaru juga tak luput bersekongkol membunuh XP, karena XP hanya mendukung maksimal DirectX 9, sedangkan game2 terbaru butuh minimal driver DirectX 11, yang hanya akan didapat di Windows 7 atau lebih baru.

Dari segi keamanan, Microsoft juga berhenti memberikan dukungan. Mentang2 anda menggunakan bajakan dan tidak pernah update dan menggunakan antivirus, jangan lega dahulu. Sejumlah peretas keamanan juga akan melancarkan serangan untuk XP, dan mungkin anda yang akan menjadi salah satu korbannya.

Oke, saya post ini di fanpage kesayangan kita. Berbagai pertanyaan terlontar dari jari2 Gtfers, dan salah satu yg paling sering muncul: "Bagaimana cara upgrade ke Windows 7/8?" Oke, saya cek beberapa stok2 DVD. Masih ada sekeping DVD Windows 8 hasil donlotan. (dulu punya yg 7, cuman dipinjem temen dan blom dibalikin) Biarlah! Langsung belajar cara instal Windows 8 yuk!

Catatan: Instalasi ini dilakukan di Virtual Box. Hal ini dimaksudkan untuk tutorial semata. Tenang saja, caranya tak jauh berbeda ketika anda instal langsung.

1. Boot komputer dengan DVD Windows 8. Kenali jenis BIOS anda, apakah Award, Phoenix atau American Megatrends, karena ketiga BIOS ini mempunyai cara yang berbeda untuk setting boot melalui DVD. Selebihnya anda bisa cari di Google.

Catatan: Anda juga dapat klik langsung setup.exe dari Windows yang sudah ada.

2. Tekan tombol apa saja untuk melanjutkan boot melalui DVD.

3. Layar berikut akan muncul. Pilih English untuk bahasa, Indonesian untuk format waktu dan mata uang, dan US untuk keyboard. Klik Next, lalu pilih Install Now.



4. Masukkan product key yang terdapat di keping instalasi anda. Product key ini berisi 25 karakter alfanumerik yang dipisahkan dengan strip. Tak perlu tambahkan strip lagi, karena akan ditambahkan secara otomatis. Aktivasi dapat dilakukan menyusul setelah Windows selesai diinstal, entah lewat internet atau telepon.

NB: Post ini hanya membahas tentang Windows original. Kalo bajakan, kita bicara pribadi aja ya, huehuehue..



5. License terms lagi nih. Panjang, ndak usah dibahas semua, langsung centang dan Next aja.



6. Waktunya memilih! Disini ada pilihan Upgrade dan Custom (Advanced). Pilihan Upgrade memungkinkan anda untuk naik langsung ke Windows 8, jika di PC anda sudah terinstal dari Windows 7. Berhubung kita upgrade dari XP ke 8, kita pilih Custom (Advanced) aja ya. Atau mungkin jika anda punya banyak waktu dan lagi kurang kerjaan, anda dapat melakukan jalur upgrade XP > Vista > 7 > 8. Silakan saja.



7. Bagaimana kalau sekalian saya jelaskan fungsi menu dibawah?
Refresh: pasti udah pada tau
Load Driver: Jika anda merasa partisi tidak terbaca, namun anda punya drivernya, anda bisa menggunakan menu ini.
Delete: Opsi ini akan menghapus tabel partisi beserta data di dalamnya.
Extend: Jika ada partisi kosong alias belum diformat, anda dapat menggunakan opsi ini untuk menggabungkannya dengan partisi yang sudah ada tanpa perlu format.
Format: Opsi ini digunakan ketika terdapat partisi yang sudah terdapat file sistem, dan anda ingin membabat habis data yang ada di partisi tsb.
New: Jika ada partisi kosong alias belum diformat, anda dapat menggunakan opsi ini untuk membuat partisi baru.


8. Jika sudah klop, pilih partisi yang akan diinstal Windows 8. Klik Next, dan instalasi akan berjalan. Instalasi berlangsung sekitar 30 menit sampai 1 jam, jadi duduk manis saja sampai instalasi selesai. Tinggalin bentar buat nyemil juga boleh, hehehe..


9. Instalasi sudah setengah jalan nih. Sekarang tinggal pilih warna desktop. Pilih aja mana yang disuka. Oiya, kasih juga nama PC. Penting banget nih kalo buat konek ke jaringan. Next!


10. Pilih setting yang diinginkan, Express atau Custom. Kalo mau ekspres silakan langsung ke  langkah 15. Kali ini saya memilih Customize. 


11. Kali ini berkaitan dengan Network and Sharing. Jika hanya ada satu komputer di rumah anda atau anda sering menggunakannya di luar rumah, pilih No saja. 


12. Pilih setting Windows Update anda. Setel saja sesuai kebutuhan anda. Untuk pilihan yang ada dibawah, pilih On saja semuanya kalo tidak tahu menahu. Next!


13. Bagian ini lebih ditujukan pada hubungan ke Microsoft. Off saja kalau tak tahu menahu. Next!


14. Males baca? Biarkan pilihan yang ada, lalu pilih Next.


15. Anda punya Hotmail, Skydrive (sekarang Onedrive), Skype atau XBOX Live? Itulah Microsoft Account. Login saja kalo ada. Kalo tidak, anda dapat membuat Microsoft Account baru atau memakai local account. Klik Next kalo ada, dan pilih Sign in without a Micorsoft Account kalo tidak mau buat account baru.
NB: Anda tetap dapat login ke Windows 8 anda meskipun anda offline. Yang penting, Windows harus online di langkah ini. Jika tidak, anda dapat melakukannya nanti.


16. Ketikkan username, password sebanyak dua kali dan password hint. Jika sudah, klik Finish. Dan instalasi pun selesai.


17. Dalam proses ini, anda dapat duduk manis sambil mengamati sikit tutorial dengan cara penggunaan Windows 8. Jika sudah faham, abaikan saja.


18. Selamat! Instalasi Windows 8 sudah selesai dilakukan. :D


Mudah kan? Jika ada yang perlu ditanyakan, cukup komentar post ini, atau komunikasi secara pribadi melalui Hangouts. Selama mencoba! :D